Wisata Pusat Laut Donggala Yang Memesona

Daerah Sulawesi memang terkenal dengan banyaknya tempat wisata, salah satunya yaitu tempat wisata yang berada di Sulawesi Tengah tepatnya di daerah Kabupaten Donggala. Daerah ini memang terkenal akan keindahan pantainya yang membuat siapapun betah untuk berlama-lama disana. Salah satu keindahan yang tersaji di daerah ini adalah Pusat Laut Donggala, yang sering menjadi tempat liburan bagi mereka yang telah lelah akan rutinitas yang padat.

Bentuk Pusat Laut Donggala

Pusat laut donggala memiliki bentuk yang menyerupai sumur raksasa dengan bebatuan yang terbentuk secara alami yang berdiameter 10 meter dan kedalaman yang mencapai 7 meter. Air ini memiliki warna yang kebiru-biruan yang jernih. Pada pusat laut ini, katanya terdapat lubang yang bisa menghubungkan antara pantai dan pusat laut ini dikarenakan jarak antar bibir pantainya hanyak sekitar 500 meter.

Keunikan Pusat Laut Donggala

Pusat laut ini memiliki keunikan yang terletak pada airnya. Keunikannya adalah saat laut pasang maka air disini mengalami surut dan begitu pula sebaliknya, jika laut surut maka air disini akan mengalami pasang. Air yang berada disini tidak pernah mengalami keruh walaupun sudah seringkali digunakan anak-anak maupun masyarakat setempat dan masyarakat luar datang untuk menyegarkan badannya disini. Selain itu, masyarakat disini mempercayai bahwa air yang ada di pusat laut ini bisa mengobati berbagai penyakit, sehingga banyak juga pengunjung yang membawa pulang air dari pusat laut ini.

READ  Destinasi Wisata Kawah Ijen Dan Pesona Blue Fire

Aktivitas Yang Bisa Dilakukan

Nah, saat kalian datang berkunjung disini, tentunya tidak akan hanya melihat-lihat keindahannya saja. Kalian bisa melakukan aktivitas yang menguji adrenalin yaitu cluff jumping. Melompat dari atas tebing dan menuju ke dalam air yang terlihat jernih itu, sekaligus kalian menyaksikan secara langsung bagaimana keindahan yang alam sajikan di pusat laut ini.

Namun, jika kalian yang tidak pandai dalam melakukan aktivitas adrenalin ini, kalian bisa saja memilih untuk menonton anak-anak kecil yang sedang mencari uang koin di dasar lautnya, dan jangan lupakan untuk menyiapkan uang koin juga.

Lokasi

Pusat Laut  ini terletak di Dusun Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Dari kota palu dapat ditempuh dengan jarak sekitar 50 kilometer. Jika kalian berkunjung kesini, kalian akan melihat bagaimana bentuk dan juga keuinikan dari pusat laut ini.

Walaupun pada tahun 2018 tempat ini menjadi salah satu yang terkena dampak gempa, tetapi tempat ini masih beroperasi hingga saat ini. Disini terdapat saung yang bisa menjadi tempat berteduh kalian.