Kenapa Di Kelitikin Bikin Ketawa?

Ya geli emang senjata ampuh buat bikin orang ketawa sampai capek bahkan nangis, tapi kenapa kita ketawa kalau geli dan kenapa kalau kita kelitikin diri sendiri gak bisa geli?

Geli, oke jadi ada beberapa teori salah satu yang bilang kalau rasa geli itu tuh sebenarnya berguna buat ngelindungin diri. Oke coba ingat-ingat di daerah mana

kalian ngerasa geli waktu dikelitikin. Perut leher, kaki, Ya semua itu adalah bagian tubuh yang sensitif dan rawan. Saat bagian-bagian itu dikelitikin otak kita kasih sinyal bahaya, terus tubuh ngerespon dengan ketawa biar orang yang ngelitikin itu makin gak berhenti. Mungkin kedengarannya aneh banget tapi, ini adalah cara tubuh buat berlatih untuk melindungi diri kita, miripnya anak anjing dan kucing yang lagi main berantem terus sebenarnya otak tidak cuma ngasih sinyal bahaya, bagian otak lain yang punya fungsi sosial juga aktif, maka ada teori lain yang bilang kalau rasa geli itu fungsinya buat berkoneksi, soalnya ngelitikin orang adalah salah satu cara buat menjalin hubungan, misalnya kayak orang tua yang suka ngelitikin bayinya. Tapi ilmuan masih belum sepakat soal ini dan sampai sekarang mereka mash terus bereksperimen terus kenapa kita enggak bisa ketawa pas ngelitikin diri kita sendiri. Ini karena gerakan kita udah ketebak sama otak kecil, ibaratnya kita udah tahu bakal dikerjain jadi kita enggak bakal kaget lagi tapi sebenarnya ada dua jenis keliti kan yang dari tadi kita omongin, namanya gargalesis yang satunya muncul gara-gara ada sensasi halus di kulit kita (KNISMESIS) misalnya kalau ada serangga di kulit atau pas kita dikelitikin pakai bulu.

READ  Kasus Cyber Crime Yang Pernah Terjadi di Indonesia

Nah kalau kita ngelitikin diri sendiri pakai bulu bisa jadi kita masih ngerasa geli. Oke tapi sebenarnya kenapa kita akhirnya ketawa awalnya?Bapak Aristoteles nganggap makhluk yang bisa ketawa cuma manusia doang soalnya manusia itu pintar, tapi ternyata hewan lain juga bisa ketawa. Jadi ketawa itu nguntungin karena udah bisa bikin kita dekat sama komunitas kita, ketawa juga bisa bikin kita sehat. Ketawa ningkatin jumlah oksigen yang masuk ke badan, nurunin tekanan darah dan ngeluarin hormon yang bikin kita tenang dan kerennya lagi humor bisa bikin ingatan kita jadi lebih tajam, jadi mungkin kesimpulannya kita harus banyak ketawa.

Tapi kebanyakan ketawa enggak bagus juga, pernah ada kejadian heboh di Tanganyika 30 Januari 1962 tiga anak perempuan tiba-tiba ketawa di sekolah terus nular ke mana-mana dan gilanya sampai ada seribuan orang yang ketawa terusmenerus. Kejadian ini baru berhenti tahun selanjutnya tapi pertanyaan besarnya kenapa bisa begitu? Menurut Dr Jim Bolton kejadian ini adalah bentuk Histeria massal ketika suatu komunitas ngalamin stres dan trauma bareng-bareng mereka itu bisa punya perilaku sama tertentu. Nah pas zaman itu warga Tanganyika lagi cemas dan tertekan banget karena mereka baru merdeka dan ngalamin perubahan besar-besaran, jadi ya ngeri banget. Emang ada macam-macam alasan yang bikin kita ketawa mulai dari dikelitikin sampai gara-gara bercanda. Semoga aja kita ketawa karena emang beneran bahagia bukan karena tertekan apalagi pura-pura.