Seberapa Jauh Manusia Bisa Berlari?

Seberapa cepat kalian bisa berlari? Bisa sedekat apa sama rekor lari tercepat? Karena kalau urusan cepet di dunia nyata mungkin belum ada yang bisa ngalahin orang ini (Usain Bolt). Pertanyaan selanjutnya seberapa jauh manusia bisa
berlari?

Sebelum menjawabnya coba kita jalan-jalan ke lokasi dengan bendera naga yaitu Wales.
Di sini ada tradisi lomba lari manusia melawan kuda dan hebatnya manusia juga beberapa kali menang. Manusia ternyata emang jagoan kalau soal lari jarak jauh bahkan jarak ini aja masih lebih pendek dari Marathon yang biasa diikutin jutaan orang tiap tahunnya (marathon pada umumnya 42km & lomba lari manusa dengan kuda 36km), tapi tunggu dulu kalau ngira ini batasnya siap-siap salah besar ternyata jarak segini ibarat belum ada apa-apanya kalau dibanding sama para pelari Ultra Marathon ini dia lari sampai 80 km nggak pakai berhenti biar kebayang coba bandingin sama lari keliling lapangan, mereka ini sama aja kayak lari keliling lapangan bola 200 kali nggak berhenti.

Di situ Ultra Marathon yang satu ini (Alexandr Sorokin & Camille Herron) jauhnya dua kali lipat dari sebelumnya (161km) para atletnya lari tanpa istirahat sejauh jarak Jakarta ke Bandung. Gimana udah capek denger ya?ternyata itu juga belum seberapa orang ini (Dean Karnazes) ngelakuin hal yang lebih gila bermodal tiga pasang sepatu yang dipakai bergantian dia lari 3 Hari 3 Malam tanpa henti sejauh jarak Jakarta ke Jogja, gilanya lagi masih ada lomba lari yang lebih jauh. Mungkin inilah Ultramaraton paling ekstrim dan paling terkenal (4.990km). Para pesertanya mesti ngelilingi jalur yang sama selama ribuan kali dalam waktu di bawah 52 hari,jaraknya ini setara 4 kali panjang pulauJawa, mereka lari dari jam 6 pagi sampai tengah malam lalu istirahat dan lanjut lari lagi besoknya. Saking gilanya acara ini sampai disebut dalam tanda kutip gunung everestnya olahraga lari, tapi malahan udah ada 4000 lebih orang yang berhasil muncak Everest dan baru ada 50-an orang yang berhasil menyelesaikan kompetisi lari ini. Oke sampai sini mungkin kita bertanya emangnya gimana manusia kuat lari super jauh bahkan kadang tanpa istirahat?

READ  The amazing facts about human muscles you need to know

Oke, orang yang lari 3 hari nontsop tadi emang punya kondisi tubuh langka, tapi secara umum jawaban singkatnya evolusi sejak 2 juta tahun lalu nenek moyang kita diperkirakan sering lari jarak jauh buat berburu. Kembali kita jadi stabil, otot kaki kita bisa kaya pegas, terus kita jago keringetan dan gak berbulu, bikin tubuh gampang ngelepasin panas biar tidak overheat. Ditambah sama makanan yang cukup latihan dan teknik bernapas yang benar siap-siaplah lari keliling negeri. Kata orang lari itu olahraga paling murah, gampang dan banyak manfaatnya, mulai dari ngajaga jantung, paru-paru, nurunin lemak, ngurangin stress, sampai ngebantu kita lari dari kenyataan alias bisa tidur lebih nyenyak.